Ragam Inspirasi Desain Rumah

Manfaat Menambahkan Tanaman Dinding Di Dalam Rumah

August 27, 2014 | Posted in : Artikel dan Tips

Tanaman dinding – Artikel kali ini akan mengulas tentang “dinding yang hidup”, disebut demikian karena ini merupakan sebuah kebun tanaman yang hadir secara vertikal di dinding bagian dalam ataupun luar rumah. Berbeda penerapannya di luar rumah, tanaman dinding dalam ruangan sebaiknya ditempatkan di bagian yang paling terang, area yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Hal ini untuk mendukung pertumbuhan tanaman-tanaman itu sendiri.

tanaman dinding rumah

Manfaat Tanaman Dinding Vertikal Dalam Rumah

Mengaplikasikan tanaman dinding terutama di dalam rumah sangat bermanfaat bagi anda. Selain menambah keindahan interior rumah, tanaman dinding juga dapat menjaga kelestarian lingkungan, menghemat energi, dan bermanfaat untuk kesehatan anda.

1. Membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Polusi ada di sekitar kita, baik di luar maupun di dalam ruangan. Asap beracun dapat menyusup ke udara yang kita hirup. Tanaman hijau yang ada di dinding secara signifikan dapat menyerap racun-racun tersebut. Hampir semua tanaman dapat menyerap udara yang tercemar polusi, dan ada beberapa tanaman tertentu yang dinilai sangat efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Semakin banyak tanaman yang ditambahkan, semakin banyak pula racun yang diserap.

kebun atau tanaman dinding rumah
Sebuah kebun tanaman vertikal di dinding rumah dapat berisi banyak tanaman. Tanaman dinding dapat membantu menghilangkan formaldehida, karbon monoksida, dan polutan-polutan berbahaya lainnya. NASA telah mengidentifikasi 15 tanaman terbaik untuk diterapkan pada dinding rumah anda, berikut daftarnya.. Anda juga bisa bertanya pada ahli tanaman di sekitar rumah anda.

2. Membantu melindungi dinding rumah

Tanaman dinding di bagian luar rumah menawarkan perlindungan bangunan rumah anda dengan bertindak sebagai pengontrol iklim. Hadirnya ‘kebun’ tersebut dapat mencegah fluktuasi suhu yang ekstrim, yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya korosi pada bangunan.

kebun atau tanaman dinding rumah

Tanaman dinding bertindak sebagai isolasi alam, menjaga udara di dalam rumah lebih dingin dan terasa sejuk saat cuaca di luar sedang panas-panasnya. Penataan tanaman yang dibuat vertikal memungkinkan bangunan untuk bernapas, melindungi dinding dari derasnya hujan, angin, dan sinar UV yang berbahaya. Tanaman dinding yang ada di luar rumah juga akan menyediakan lingkungan yang alami bagi burung, kupu-kupu, dan lebah.

3. Membantu menghemat energi

Sederhananya, tanaman dinding yang anda terapkan di dalam rumah akan membuat suhu ruangan menjadi sejuk. Anda tidak perlu lagi menyalakan AC atau kipas angin hanya untuk memanjakan diri anda ketika menonton televisi di ruangan keluarga.

kebun atau tanaman dinding rumah

4. Membantu mendukung kesehatan anda

Hadirnya tanaman dinding dalam rumah membuat penghuninya merasa nyaman dan tentram. Selain itu, tanaman dinding secara tidak langsung dapat membantu mengurangi rasa stres dan lelah akibat pekerjaan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa hadirnya tanaman di sekitar rumah akan mengusir racun atau polusi udara. Dengan begitu, udara yang ada di rumah anda akan bersih dan bebas dari pencemaran. Selain itu, tanaman dinding menawarkan oksigen yang berlimpah. Adanya oksigen yang berlimpah dan berkualitas baik, akan membuat kesehatan tubuh anda dan keluarga tetap terjaga.

kebun dinding tanaman rumah

kebun dinding tanaman rumah

via freshome

Artikel Terkait

8 bookshelf rak buku
Apakah anda seorang kolektor buku? Apakah anda tahu bahwa memiliki sebuah ruangan yang penuh dengan
ruang keluarga
Hampir tidak ada ruang keluarga yang sama. Bahkan di rumah-rumah dengan denah yang sama sekalipun, r
ide untuk kamar mandi
Apakah anda pernah berpikir tentang efektivitas dekorasi kamar mandi anda? Memberikan sebuah lemari,